Makanan Dan Kesehatan Bagi Manusia


Semua makhluk hidup membutuhkan makanan supaya dapat bertahan hidupnya, sebab makanan begitu penting untuk keberlangsungan kehidupan manusia. Tubuh manusia akan terasa lemas apabila kekurangan makanan, bahkan dipastikan dapat menimbulkan penyakit.

Tubuh manusia akan tumbuh sehat dengan makanan, tentunya makanan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Kita makan bukan sekedar untuk kebutuhan kenyang saja, melainkan kita juga harus memperhatikan kandungan-kandungan yang ada didalam makanan tersebut.

Makanan yang baik bagi tubuh kita adalah makanan yang bergizi lengkap dan seimbang. Makanan yang kita makan sehari-hari sangat dibutuhkan untuk sumber tenaga, untuk pertumbuhan, serta untuk menjaga kesehatan.

Apabila kita mengkonsumsi satu jenis makanan, zat yang dibutuhkan oleh tubuh kita tidak akan terpenuhi. Oleh karena itu, kita memerlukan makanan dalam jumlah yang tepat dan mengandung zat gizi yang lengkap.

Kandungan zat gizi dalam makanan terdiri dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air. Apabila tubuh kita kekurangan salah satu atau lebih zat gizi dalam waktu yang cukup lama, maka hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada tubuh.

  • Karbohidrat adalah zat makanan yang dapat menghasilkan tenaga dan dapat menjaga panas tubuh.
  • Lemak berperan sebagai cadangan makanan, serta melindungi organ penting pada tubuh, seperti jantung, ginjal dan paru-paru.
  • Protein berfungsi untuk membangun tubuh dan mengganti sel yang rusak.
  • Vitamin dibutuhkan oleh tubuh sebagai zat pengatur dan berfungsi mencegah penyakit serta menjaga kesehatan tubuh.
  • Mineral adalah zat anorganik dalam jumlah tertentu yang diperlukan oleh tubuh untuk proses pencernaan.
  • Air juga diperlukan oleh tubuh untuk melarutkan zat-zat makanan dan sebagai pengatur suhu tubuh.


0 komentar